Friday, October 26, 2007

AMM Kota Beraksi


AMM Beraksi saat Ramadhan 1428 H

Dalam Ramadhan 1428 H ini Ortom Pimpinan Daerah Muhammadiyah yang tergabung dalam Angkatan Muda Muhammadiyah ( PC.IMM Djazman Al Kindi, PD. NA, PD IRM, PD TS, HW, PC.IMM AR. Fachrudin ) mengadakan kegiatan “ Kampus Ramadhan Muhammadiyah” yang terdiri dari kajian jelang buka, bedah buku, talkshow dan Pengajian Ramadhan. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai ajang ta’aruf dan konsolidasi Ortom untuk bisa lebih merapatkan diri dalam rangka persiapan jelang satu abad Muhammadiyah dan juga sebagai bentuk respon dan kepedulian AMM terhadap masyarakat Yogyakarta. Selain dari itu kegiatan kampus ramadhan ini bertujuan untuk lebih menghidupkan nuansa Islami di lingkungan Pimpinan Daerah Muhammadiyah.

Kegiatan ini bertemakan “ Optimalisasi peran dan fungsi ortom jelang satu abad Muhammadiyah “. Ini diangkat karena pada tahun 2010 M organisasi masyarakat terbesar di dunia yang bernama Muhammadiyah akan melaksankan Muktamar yang ke satu abad-nya. Dengan umur yang cukup tua ini banyak sekali tantangan dan ancaman yang akan dihadapi nantinya entah itu berupa pengambil alihan AUM oleh pihak-pihak tertentu, penurunan pemahaman ideologi Muhammadiyah di level pimpinan serta hadirnya sifat pragmatis pada kader dan pimpinan muhammadiyah sehingga berorientasi mencari hidup di Muhammadiyah.Dan untuk itulah kemudian ortom sebagai angkatan muda Muhammadiyah haruslah bisa mengambil peran lebih, dalam rangka menghalau tantangan dan ancaman tersebut sehingga sampai kapanpun Muhammadiyah akan tetap dirasakan fungsi dan perannya sebagai oraganisasi yang mempunyai visi keumatan yaitu menciptakan masyarakat madani sesuai yang di cita-citakan Mbah Dahlan.

Selain dari tujuan besar di atas kegiatan kampus ramadhan muhammadiyah yang diselenggarakan mulai dari tanggal 13 sampai tanggal 30 September 2007 M mempunyai tujuan di antaranya : membuka brain image AMM tentang fungsi ramadhan yang tidak hanya untuk membentuk kesalehan individu tapi untuk membentuk kesalehan kolektif sehingga terbentuk Ramadhan yang transformatif, memberi ruang lingkup public untuk lebih mengenal Muhammadiyah beserta ortomnya, dan yang terpenting adalah memberikan koreksi kepada Muhammadiyah. Koreksi ini dapat terlihat dibeberapa tema kajian jelang buka diantaranya : AMM sebagai gerakan tajdid Muhammadiyah, Pendidikan yang membebaskan ala K.H Ahmad Dahlan, Mitos Muhammadiyah, serta bedah buku “ Pembodohan siswa tersistematis “. dari beberapa tema ini diharapakan dapat digunakan sebagai peringatan kepada para pimpinan Muhammadiyah baik yang ada di AUM, Ortom dan lainnya untuk selalu menengok pada sejarah awal berdirinya Muhammadiyah tentang fungsi dan perannya dalam melakukan advokasi dan pembelaan kepada kaum miskin, kaum tertindas dan fungsi kontrol terhadap kebijakan para penguasa baik pemerintah atapun para pemilik modal.

Hasil yang diharapkan dari dilaksanakannya kampus ramadhan muhammadiyah yaitu terciptanya masifitas Angkatan Muda Muhammadiyah kota Yogyakarta sehingga diharapkan mampu membongkar kejumudan-kejumudan yang ada di lingkungan pimpinan daerah muhammadiyah dan mampu menjadi pelopor perubahan kondisi social yang ada di masyarakat, serta untuk menyambut datangnya muktamar Muhammadiyah ke 50 tahun yang diselenggaran di Daerah Istimewa Yogyakarta.

No comments: